Spanyol Piala Dunia 2018

Hal Ini Bisa Jadi Kunci Kesuksesan Spanyol Di Piala Dunia


Tim nasional Spanyol menjadi salah satu dari beberapa tim unggulan juara Piala Dunia 2018 usai sukses melumat Argentina 6 – 1. Spanyol seperti sudah bisa membungkam kritik dua tahun lalu bahwa tim ini butuh darah segar usai takluk 2 gol tanpa balas di 16 besar Piala Eropa.

Untuk kurun waktu yang lama, Vicente del Bosque optimis jika para pemain yang bawa di Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 bisa kembali sukses di Piala Eropa 2016. Muncul kesan bahwa ia memilih anggota tim berdasarkan reputasi dan loyalitas dibandingkan kebugaran dan performanya.

Keputusan untuk mengganti kiper Iker Casillas dengan David de Gea disebut sangat terlambat. Gelandang Cesc Fabregas tetap menjadi sosok sentral. Tidak ada jalan yang jelas bagi para pemain dari berbagai usia dan Isco tidak masuk dalam daftar.

Menjelang Piala Dunia 2018, situasinya jauh berubah. Pelatih baru Julen Lopetegui, yang dipercaya menjadi pelatih usai gelaran Piala Eropa 2016, melakukan perubahan dalam sejumlah sektor.

Mantan pelatih Spanyol U-21 tersebut membangun tim senior dengan pemain-pemain yang sudah dia kenal dan sebelumnya pernah bekerja di bawah asuhannya.

Keputusannya terbukti jitu, dibuktikan dengan kemenangan gemilang atas Argentina dengan skor 6-1 pada pertandingan persahabatan yang dimainkan dulan lalu. Tim itu pun kembali menjadi salah satu tim yang diperhitungkan untuk menjuarai Piala Dunia.

Pilihannya untuk memasukkan striker Valencia, Rodrigo Moreno, pencetak gol ketika timnya ditahan imbang 1 – 1 atas Jerman, serta Iago Aspas dari Celta Vigo, yang mencetak gol keenam saat melawan Argentina, merupakan pembuktian atas hal itu.


Copyright 2019 © Portal Berita Bola